26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

5 Strategi BUMN mayat ini untuk bangkit dari kubur

JAKARTA – Salah satu perusahaan BUMN, PT Kertas Leces masih terus mencoba bertahan dan berjuang di tengah kondisi keuangan perusahaan yang tidak sehat. Perusahaan pelat merah ini menanggung kerugian besar yang terjadi pada 2006 silam mencapai Rp 145,277 miliar. Kondisi ini masih terus berlanjut hingga mencetak kerugian Rp 135,1 miliar pada tahun lalu.

Keadaan Kertas Leces makin memprihatinkan karena tidak mampu lagi menggaji karyawannya. Sekjen serikat karyawan Kerta Leces Probolinggo, Muhammad Arham pernah menceritakan hingga Mei 2014, ratusan karyawan Kertas Leces tak jelas nasibnya. Sudah 12 bulan tak digaji, tidak juga di-PHK.

“Per Januari ada 500 orang karyawan statusnya digantung. Akan di PHK tapi belum PHK. Mereka tidak ada SK PHK otomatis gaji mereka juga sudah tidak dibayar. Upaya kita semua lini sudah kita lakukan. Dinas ketenagakerjaan sudah berapa kali,” cerita Arham saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (8/5) silam.

Arham memaparkan dugaan lain yakni dana jamsostek karyawan digelapkan manajemen dan sampai sekarang tidak ada kejelasan. “Sampai sekarang nota pemeriksaan pengawas dinas tenaga kerja Probolinggo tidak ada, selanjutnya Jawa timur juga tidak. Sekarang Tetap beroperasi tapi tidak maksimal. Akumulasi 2012 sudah 12 bulan lebih kami tidak digaji. Empat bulan terakhir berturut turut dari Januari,” katanya.

Dahlan Iskan semasa menjadi Menteri BUMN sudah pontang panting membangkitkan Kertas Leces dari kubur. Dahlan memang menyebut Kertas Leces adalah BUMN mayat yang belum dikuburkan. Pada Mei 2012, Dahlan melakukan pergantian direksi, termasuk Direktur Utama PT Kertas Leces yang menurut Dahlan tidak mengerti masalah perusahaan. “Direksinya tidak terlalu ahli ternyata,” ujar Dahlan kala itu.

Upaya Dahlan ternyata belum membuahkan hasil sampai dia berhenti jadi menteri. Namun demikian, kini Kertas Leces kembali bermimpi untuk bisa bangkit dari keterpurukan. Berbagai cara dilakukan agar perusahaan kembali bersinar. Merdeka.com mencoba merangkum 5 strategi Kertas Leces untuk kembali bangkit dari kubur.

http://www.merdeka.com/uang/5-strategi-bumn-mayat-ini-untuk-bangkit-dari-kubur.html

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.