27.1 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

5 Sinyal pemerintah restui BUMN ‘digadaikan’ ke asing

JAKARTA – Rencana Menteri BUMN Rini Soemarno untuk merekrut warga negara asing jadi bos BUMN masih terus berlanjut. Bahkan baru baru ini, pemerintah memberi sinyal kebijakan ini akan segera diimplementasikan.

Rini punya alasan mempersilakan orang asing duduk sebagai bos perusahaan BUMN. Dia berdalih, pemilihan direksi BUMN harus melihat persaingan global. Apalagi, lanjut dia, Indonesia bakal menghadapi pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Terpenting bagi Rini, petinggi perusahaan BUMN mempunyai kompetensi dalam pemasaran dan persaingan global. Ini penting untuk ekspansi perusahaan BUMN di luar negeri. Dia mencontohkan PT Semen Indonesia yang telah memiliki anak usaha di luar negeri yaitu Vietnam.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil membantah jika wacana itu disamakan dengan menggadaikan negara. Menurutnya, pemerintah justru menjadi bos dari para pekerja asing.

“Enggaklah (gadai negara). Itu kan eksekutif. Kita bayar. Jadi mereka yang bekerja pada kita,” ujar Sofyan.

Meski menuai kontroversi, Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla menanggapi santai rencana kebijakan ini. Menurut JK ini baru sebatas wacana dan tidak usah diambil pusing. “Itukan wacana. Wacana masa serius amat,” kata JK di Kantornya, Jakarta, Selasa (23/12).

Meski demikian, pemerintah memberi sinyal akan merekrut warga asing jadi bos BUMN. Merdeka.com mencoba merangkum 5 sinyal dukungan pemerintah untuk asing jadi bos BUMN.

http://www.merdeka.com/uang/5-sinyal-pemerintah-restui-bumn-digadaikan-ke-asing.html

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.